Menu
items. ▼ View Cart

Tips Membedakan Kain Batik



 Kain Batik


Artikel Toko Online Mugirahayu Batik: Tips Membedakan Kain Batik Asli dan Bukan Asli - Membedakan batik asli dan batik bukan asli memang mudah-mudah susah. Sebenarnya membedakan mana yang asli dan mana yang bukan asli cukup mudah. Hanya saja kerap kali kita sebagai pembeli abai. Batik bukan asli biasanya terbuat dari racikan mesin atau produksi tekstil. Prabik itu membuat kain biasa. Namun, kainnya dihiasi motif-motif batik sehingga pembeli memahami bahwa kain tersebut benar-benar kain batik.
Dari segi harga, memang kain pabrik bermotif batik jauh lebih murah. Produksinya missal, dan pasarannya ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Sementara batik asli harga selangit. Yang perlu diwaspadai adalah membeli kain pabrik bermotif batik dengan harga batik asli. Untuk itu, berikut tips membedakan mana batik asli dan mana batik yang bukan asli.
1.     Secara tekstur guratan batik asli terlihat tidak rapi. Beberapa bagian garis terlihat semrawut. Hal ini karena pengerjaan batik menggunakan tangan. Sebaliknya, batik hasil pabrik tekstil tampak rapi, karena dibuat dengan mesin.
2. Secara visual warna batik asli lebih kental dan cerah. Hal ini karena pembuatan batik membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga detail warna sangat diperhatikan. Sebaliknya, warna batik hasil pabrik tekstil terlihat buram. Tidak cerah.
3.  Perhatikan tampak luar dan tampak dalam kain batik. Kain batik asli akan tampak sama bila dilihat dari tampak dalam dan tampak luar. Sebaliknya, batik hasil tekstil hanya tampak cerah bila dilihat tampak luar saja.

Nah, setelah tahu membedakan mana kain batik asli dan mana kain batik yang bukan asli, tentunya
sekarang berbelanja batik akan jauh lebih tenang. Namun, tips ini hanya berlaku bagi pembeli di
toko, bukan pembeli online. Selamat berbelanja J

0 Reviews:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© Mugirahayu Batik
E-commerce template by Irsah inDesigns.