Menu
items. ▼ View Cart

Sejarah Singkat Batik Indonesia



sejarah batik




Artikel Toko Online Mugirahayu Batik: Sejarah Singkat Batik Indonesia - Sejarah batik di
Indonesia memiliki kisah yang cukup panjang. Pasalnya, ada banyak ceita batik di tiap-tiap daerah. Tiap-tiap daerah memiliki batik sesuai tradisi masing-masing. Di antaranya, batik Jawa, batik Toraja, batik Melayu, dan sebagainya.
Kalau ditinjau dari segi bahasanya, lata “batik” ada dua versi. Tiap-tiap versi memiliki argemntasi yang cukup kuat.
Pertama, ada yang mengatakan “batik” itu berasal dari kata “amba” dan “titik”. Artinya menulis titik. Hal ini dilihat dari pola dan pembuatan batik. Pembuatan batik selalu berdasarkan pada titik-titik. Titik-titik itu membentuk suatu motif yang selanjutnya menjadi motif keseluruhan kain. Ada motif bung, ada motif binatang, dan sebagainya.
Kedua, ada yang mengatakan “batik” berasal dari kata “becik”. Artinya membuat tato. Asal kata ini berasal dari golongan masyarakat proto-Austronesia (kelompok utama di Asia Timur dan Asia Tenggara). Kata ini tercatat di dalam Encyblopedia Britania 1880.
Batik yang saat ini popular di tengah-tengah masyarakat, yang sering tampil di layar televisi, merupakan batik khas Jawa. Mulanya berasal dari kerajaan Majapahit, Mataram, hingga keraton Surakarta dan Ngayogyakarta. Batik-batik yang dihasilkan pada masa kerajaan Majapahit adalah batik yang digunakan untuk konsumsi penghuni kerajaan (orang-orang sekitar raja). Tiap-tiap kerajaan dan periode memiliki kekhasan motif masing-masing. Namun, kekhasan tersebut tidak mendetail.
Seiring masuknya industri ke Nusantara, batik mulai dikenal luas di masyarakat luas. Batik menjadi konsumsi masyarakat non-kerajaan. 

0 Reviews:

Post a Comment

Powered by Blogger.

© Mugirahayu Batik
E-commerce template by Irsah inDesigns.